Destinasi Wisata Eksotis di Seputar Kepulauan Karimunjawa

Destinasi Wisata Kepulauan Karimunjawa- Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan berada di Laut Jawa yang masih masuk wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara menjadi Taman Nasional. Karimunjawa adalah tempat bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Kepulauan Karimunjawa kepulauan karimunjawa jepara kepulauan karimunjawa jumlah penduduk kepulauan karimunjawa jawa tengah kepulauan karimunjawa cemara kecil kepulauan karimunjawa genting island kepulauan karimunjawa kembar kepulauan karimunjawa termasuk provinsi kepulauan karimunjawa nyamuk tempat wisata karimunjawa 2016 obyek wisata karimunjawa objek wisata karimunjawa tempat wisata pulau karimunjawa tempat wisata pantai karimunjawa letak tempat wisata karimunjawa foto tempat wisata karimunjawa lokasi tempat wisata karimunjawa alamat tempat wisata karimunjawa tempat wisata di kepulauan karimunjawa tempat wisata yang ada di karimunjawa tempat wisata yang bagus di karimunjawa tempat wisata karimunjawa di jepara obyek wisata di karimun jawa nama tempat wisata di karimunjawa tempat wisata terkenal di karimunjawa foto tempat wisata di karimunjawa tempat wisata yang wajib dikunjungi di karimunjawa tempat wisata karimunjawa jepara obyek wisata karimunjawa jepara objek wisata karimunjawa jepara tempat wisata ke karimun jawa tempat wisata kepulauan karimunjawa objek wisata kepulauan karimunjawa

Tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yaitu dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah. Untuk kondisi ombak sendiri di kepulauan Karimunjawa tergolong tenang, dibatasi oleh pantai yang kebanyakan adalah pantai pasir putih halus membuat karimun jawa nampak Indah.

Destinasi wisata di kepulauan Karimunjawa terdiri dari daratan dan lautan dengan luas daratanya sekitar 1.500 hektar dan luas perairanya sekitar 110.000 hektar. Di Karimunjawa untuk Perkembangan wisata sendiri tergolong sangat pesat, hal ini terlihat keseriusan dari dukungan Pemerintah setempat untuk terus berupaya dalam mengembangkan potensi daerah disektor pariwisata, sampai sekarang ini Karimunjawa semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.


Di Karimunjawa wisatawan akan disuguhkan keindahan pemandangan yang sangat mengagumkan mulai dari keindahan terumbukarang yang masih terjaga dengan baik serta daerah pantainya yang bersih dan ditambah lagi keindahan berupa gugusan pulau yang menghiasi lautan Jawa, tidak hanya itu saja beberapa pemandangan bukit yang pesonanya juga menjadi pemandangan yang akan memanjakan mata untuk memandangnya. seperti pemandangan Bukit Love, Bukit Nyamplungan dan Bukit Joko Tuo yang ada di Karimunjawa.

Perjalanan ke Kepulauan Karimunjawa
Transportasi paling umum yang bisa digunakan untuk menuju ke Karimunjawa adalah kapal dari Semarang dan Jepara. Anda berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang malalui transfortasi laut dengan menggunakan kapal Kartini I (kapal expres)  yang berangkat setiap Sabtu pukul  9 pagi ke Karimunjawa dan kembali dari Karimunjawa setiap Minggu siang, lamanya perjalanan bisa ditempuh sekitar 2-3 jam(tergantung kondisi cuaca).

 kepulauan karimunjawa kemujan kepulauan karimunjawa bengkoang kepulauan karimunjawa karimun kepulauan karimunjawa menyawakan island kepulauan karimunjawa menjangan kecil kepulauan karimunjawa termasuk wilayah provinsi kepulauan karimunjawa cemara besar kepulauan karimunjawa masuk ke dalam wilayah provinsi kepulauan karimunjawa berada di provinsi karimun jawa kepulauan seribu wisata kepulauan karimunjawa letak kepulauan karimunjawa alamat kepulauan karimunjawa kepulauan karimunjawa menjangan besar bmkg kepulauan karimunjawa kepulauan karimunjawa ditemukan oleh kepulauan karimunjawa terletak di provinsi kepulauan karimunjawa disebut sebagai pulau yang

Dari Pelabuhan Pantai Kartini, Jepara terdapat Kapal Muria yang berangkat setiap dua hari sekali,lama penyebrangan kapal ekonomi kurang lebih sekitar 6 jam pelayaran. perlu diingat untuk jadwal kapal dari pelabuhan Jepara biasanya berangkat hari selasa, kamis, sabtu jam 9 pagi dan dari karimunjawa menuju jepara hari rabu, jumat, minggu sekitar jam 8 pagi. jadwal ini bisa berubah sesuai dengan cuaca atau ombak di laut jawa. Jika terjadi cuaca kurang baik seperti gelombang tinggi maka pihak perhubungan di pelabuhan tidak akan memberikan izin pelayaran, dan jadwal keberangkatan kapal akan berubah mengikuti perubahan cuaca. Pelabuhan jepara juga bisa membawa Mobil dan motor untuk diseberangkan ke Karimunjawa.

Untuk yang ingin menggunakan transfortasi jalur udara dapat ditempuh dari Bandara Ahmad Yani, Semarang menuju Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan dengan pesawat sewa jenis CASA 212 yang disediakan oleh PT. Wisata Laut Nusa Permai (Kura-Kura Resort). Waktu tempuh kurang lebih sekitar 30 menit.


Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Karimunjawa
Keindahan dari Karimunjawa memang sangat Indah, disamping itu ada beberapa wahana yang akan membuat banda betah berlama – lama berada di Karimunjawa, karena di tempat tersebut anda dapat melakukan banyak hal terutama yang berkaitan dengan laut/pantai, Kegiatan yang bisa anda lakukan diantaranya adalah Olah Raga Selam, Snorkeling, Mandi di Pantai dan Berjemur,  Mamancing, Bermain Jetski dan Banana Boat, Berenang Dengan Ikan Hiu, Mengelilingi Pulau, Mengunjungi Rumah Khas Bugis, Melihat Satwa Darat dan masih banyak lagi lainnya yang tentunya sangat menyenangkan.


Tips Berwisata Ke Kepulauan Karimunjawa

- Menentukan waktu yang tepat Ke Karimun Jawa
Jika Andaakan merencakan berwisata ke Kepulauan Karimunjawa, datanglah pada bulan Mei dan Agustus, karena pada bulan tersebut keadaan cuaca cendrung tenang karena angin tidak berhembus dengan kencang, dan ombak laut juga tidak telalu tinggi, jadi Anda bisa menikmati aktifitas snorkeling dan island hopping di pulau ini tanpa ada gangguan.

-Tentukan Lebih Dahulu Pulau Tujuan Wisata
Karena Karimunjawa merupakan kawasan yang terdiri dari gugusan pulau jadi banyak pulau yang akan dikunjungi di Karimunjawa yang bisa membuat bingung, Untuk itu menentukan pulau tujuan sangat penting,jika baru pertama kali disarankan untuk menggunakan jasa pemandu wisata setempat yang memang sudah pengalaman dan juga bisa merekomendasikan pulau mana saja yang nanti akan Anda tuju.

-Bawa bateray cas (power bank)
Bagi Anda yang membawa peralatan elektronik seperti kamera, smartphone atau peralatan elektronik lainya yang membutuhkan listrik, membawa power bank merupakan hal yang sangat penting untuk pergi ke Karimunjawa, Karena Listrik di Karimunjawa akan menyala dari pukul 18.00 hingga 06.00 WIB pagi, jadi dengan membawa power bank menjadi solusi terbaik agar peralatan elektronik anda tidak kehabisan baterai, akan sayang sekali sudah pergi jauh-jauh namun tidak bisa mengabadikan wisata anda dikarenakan kamera anda kehabisan baterai.


Demikian gambaran sekilas mengenai kepaulaun Karimunjawa, semoga bisa bermanfaat untuk ada yang akan merencanakan liburan di pulau yang mempunyai destinasi wisata dan peosana alam indah.atau bisa disebut surganya wisata.

Subscribe to receive free email updates: