Sate Kambing dan Asal mula Sate di Indonesia

Asal Sate Kambing

Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging kambing, ayam, domba,sapi, ikan, yang dopotong kecil dan ditusuk dengan tusukan sate yang biasanya terbuat dari bambu kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu sehingga memiliki bau yang khas. sate sendiri disajikan dengan berbagai macam jenis bumbu bergantung pada variasi resep sate dari daerahnya masing- masing misalnya seperti bumbu kacang, sate bumbu kecap dan banyak lagi resep bumbu sesuai daerah masing-masing

sate kambing dan cara memasaknya

Sate pertama kali diketahui berasal dari pulau Jawa, Indonesia. diduga sate diciptakan oleh pedagang makanan jalanan di Jawa sekitar abad ke 19, berdasarkan fakta bahwa sate mulai populer sekitar awal abad tersebut bersamaan dengan semakin banyaknya pendatang dari Arab ke Indonesia. hal ini pula yang akhirnya menjadi alasan populernya penggunaan daging kambing dan domba sebagai bahan sate yang disukai oleh warga keturunan Arab. 


Kemudian sate makin berkembang di daerah- daerah lainnya hingga keluar negeri dan populer di negara- negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. sate juga populer di Belanda yang dipengaruhi masakan Indonesia yang dulu merupakan negara jajahannya. 


Cara Memasak Sate

Di Indinesia Resep dan cara pembuatan sate di setiap daerah umumnya berbeda dan beraneka ragam bergantung variasi dan resep masing- masing daerah. hampir segala jenis daging dapat dibuat menjadi olahan sate. bahkan sudah ada inovasi sate yang terbuat dari jamur dan tahu untuk para vegetarian. Bumbu sate yang paling umum adalah sambal kecap dan bumbu kacang, namun terdapat juga variasi bumbu lainnya. 

sejarah sate kambing dan asal usul sate kambing di indonesia

Misalnya untuk sate bebek tambak cara penyajiannya adalah sate dengan saus bumbu manis kacang tanah atau bumbu pedas yang ditambahkan irisan tomat serta mentimun. sate umumnya dimakan dengan lontong sebagai pelengkap, namun di beberapa daerah sate dikonsumsi dengan nasi hangat ataupun ketupat sebagai pelengakapnya.


jenis satenya apabila dilihat dari dagingnya ada diantaranya sate ayam, sate buntel, sate kambing, sate kerang, sate kalong (terbuat dari daging kerbau) sate lalat (terbuat dari daging ayam atau kambing dengan ukuran mini), sate sapi, sate udang, dll. sedangkan jika dilihat menurut daerahnya terdapat diantaranya sate Banjar, sate Betawi, sate Blora, sate Madura, sate Maranggi, sate Matang, sate Padang, sate Ponorogo, sate Tegal, sate sapi khas Ungaran, dll.

Dari semua sate yang ada di Indonesia sate kambing merupakan yang terkenal dan biasa di buat dan di perdagangkan mulai dari warung pinggir jalan sampai dengan restoran mewah. Cara penyajiannya juga berbeda-beda menurut selera setiap daerah menyesuaikan selera masyrakat setempat

Subscribe to receive free email updates: