Curug Cimandaway Dayeuhluhur Cilacap Jawa Tengah

Curug Cimandaway adalah tempat wisata air terjun Curug Cimandaway ini terletak diperbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah tepatnya berada di kota Majenang Dusun Serang Desa datar Kecamatan Dayeuh Luhur sebenarnya sudah dikenal oleh masyarakat setempat sejak tahun 1986. Nama air trjun Curug Cimandaway sendiri merupakan nama yang diambil dari kata Ci yang berarti Air, Ma berarti Sima atau terkesima, Da berarti Darah dan Way berarti Wanita sehingga secara keseluruhan arti nama Curug Cimandaway ini adalah Air yang mempesona/ membuat wanita terkesima sehingga menurut kepercayaan masyarakat setempat bilamana ada pasangan yang datang mengunjungi curug tersebut akan berjodoh.

Curug Cimandaway Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap Jawa Tengah

Terlepas dari mitos yang berkembang di masyarakat setempat, curug cimandaway merupakan tempat wisata di cilacap yang menyuguhkan pemandangan yang indah. Suasana yang masih alami dan dikelilingi oleh pohon-pohon rindang dan area persawahan menjadi pemandangan yang sangat menyenangkan jika anda mengunjungi curug ini. Dilihat dari kejauhan sudah mulai terdengar gemuruh dan desiran air yang jatuh dari atas dan aliran sungai yang sangat deras.Jika anda sudah berada tepat di pinggiran air terjun, maka anda akan melihat keajaiban Tuhan Yang Maha Pencipta. Air terjun dengan ketinggian sekitar 65 m akan terlihat menjulang tinggi disertai embun dari air terjun yang bertebaran sehingga menyejukan badan.

Baca Juga: Keindahan Curug 7 Bidadari di Ungaran Kabupaten Semarang

Bagi para wisatawan pengunjung curuk jika ingin menuju titik bawah tempat air terjun mengalir, anda harus menyeberangi sungai terlebih dahulu, dimana apabila musim penghujan datang, alirannya menjadi sangat deras sekali sehingga harus berhati-hati. Dan jika anda sangat dekat jaraknya dengan air terjun, maka anda akan merasakan kesegaran yang luar biasa. Curug Cimandaway bisa menjadi alternatif tempat wisata yang menyenangkan bagi keluarga ataupun muda-mudi untuk menghabiskan akhir pekan.

Curug Cimandaway Dayeuhluhur

Kegiatan yang bisa dilakukan di lokasi air terjun curug Cimandaway adalah bermain air disekitar air terjun, berenang, dan juga wisata edukasi alam mengingat Cimandaway pun dikelilingi oleh hutan. Untuk saat ini pengelolaan Cimandaway belumlah maksimal, hal ini terbukti dengan akses jalan menuju lokasi yang kurang bagus dan jarak antara tempat parkir kendaran dengan lokasi curug yang cukup jauh sehingga harus ditempuh jauh menggunakan jalan kaki.

Cimandaway sebagai destinasi wisata kurang maksimal dipromosikan dan belum ada petunjuk arah jalan yang menuju lokasi air terjun. Hal itu tentu saja akan menyulitkan bagi para wisatawan yang baru pertama kali mau berkunjung dari curug Cimandaway apa lagi yang bukan berasal dari Dayeuhluhur tentu akan membantu sekali petunjuk tersebut.

Potensi curug Cimandaway sebagai tempat wisata lokal harus dimaksimalkan guna untuk menuju bagian dari wisata andalan Kabupaten Cilacap. Oleh sebab itu harus diwujudkan dalam bentuk pembangunan infratuktur disekitar air terjun ccurug cimanday, baik pembangunan akses jalan menuju lokasi, tempat parkir yang memadai,serta akses jalan dari parkir menuju lokasi harus dibuat permanen, plangisasi dimulai dari jalan raya Wanareja-Banjar dengan disertai arah penunjuk jalan harus dibuat dengan harapan bisa menjadi sarana promosi.

tidak hanya sekedar melihat pemandangan air terjun Cimandaway, tapi masyarakat disuguhkan dengan alternatif wisata lain disekitar curug tersebut. Objek wisata disekitar curug Cimandaway seperti Curug Binuang yang berjarak 1 km dari arah Curug Cimandaway serta Curug Kembar dan Goa Basma yang merupakan goa peninggalan serdadu Jepang pada jaman pendudukan Jepang di tanah air yaitu sejak tahun 1942 bahkan tidak jauh dari Curug Cimandaway sekitar 100 m juga terdapat sumber mata air yang oleh penduduk setempat dinamakan mata Air Kanoman diatas Leuwi Jaga Manti, air Kanoman ini konon katanya berkhasiat untuk awet muda bagi siapa saja yang mencuci muka pada mata air tersebut.
Dengan sendirinya apabila pembangunan sudah diselesaikan dan usaha promosi sudah dilakukan, maka melalui obyek wisata curug Cimandaway akan mendatangkan income bagi setiap jenjang pemerintahan. Tidak hanya itu, yang jauh lebih penting adalah perekonomian masyarakat Dayeuhluhur akan berkembang dan perdagangan disekitar objek wisata, atau disepanjang jalannya akan bermunculan seiring dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke air terjun curug Cimandaway  .

Curug cimandaway akan destinasi wisata Kabupaten Cilacap yang akan semakin populer dengan seiringnya waktu, yang menjadi daftar wisata di cilacap selain tempat wisata Pantai Teluk Penyu, Benteng Pendem, Pulau Nusakambangan, Pantai Karang Pandan, Pantai Widarapayung, Gunung Srandil, Pantai Jetis, Seleko, Air Panas Cipari, Meseum Soesilo Soedarman, Sedekah Laut, Pantai Pasir Putih, Segara Anakan, Pelabuhan Tanjung Intan. 

Subscribe to receive free email updates: