11 Tempat Wisata Di Papua Paling Terkenal

Tempat Wisata Papua- Papua merupakan Pulau yang berada paling timur Indonesia. Papua banyak memiliki berbagai tempat Indah yang merupakan destinasi wisata yang membuat anda ingin mengeksplore tempat-tempat tersebut. Alam yang begitu luas banyak sekali potensi wisata, di daratan maupun wisata bawah laut yang meemang sudah  tidak perlu diragukan lagi keindahannya dan ini menjadi surga bagi traveler pecinta wisata alam.

Pulau Papua tak hanya kaya akan alamnya saja, Papua juga banyak menyimpan kearifan budaya lokal yang masih bertahan dan terjaga kelestariannya sampai di zaman serba modern saat sekarang. Mengeksplore Wisata Papua yang terkenal keindahan alamnya tentumerupakan sebuah pengalaman menarik dan menyenangkan.

tempat wisata papua yang terkenal tempat wisata di papua yang terkenal tempat wisata terkenal di papua tempat wisata terkenal di papua nugini tempat wisata terkenal di papua barat tempat wisata paling terkenal di papua tempat wisata yang terkenal di papua

Tempat wisata di Papua terkenal alamnya yang masih alami ini belum banyak dikelola dengan maksimal sehingga jika anda baru pertama kali ke Papua tentu masih bingung dan kemana tujuan wisata papua yang akan anda kunjungi saat sudah berada disana. Di bawah ini sedikit ulasan untuk gambaran tempat-tempat wisata di papua yang bisa anda jelajahi/kunjungi:

1. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional ini merupakan salah satu diantara tiga kawasan di dunia yang mempunyai gletser di daerah tropis yang membentang di puncak gunung setinggi 5.030 mdpl. Selain itu di Taman Nasional Lorenz terdapat 34 tipe vegetasi yang diantaranya hutan rawa ,hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan gambut, pantai pasir karang, hutan hujan lahan datar, hutan kerangas, padang rumput hingga lumut kerak.

Taman Nasional Lorenz adalah Taman Nasional yang terletak di Provinsi Papua, Indonesia. Taman seluas 22,4 juta Ha ini merupakan Taman Nasional terbesar di Asia Tenggara yang merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1999. Selain itu  juga ditempat tersebut banyak ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan (flora) dan hewan (fauna) langka.Taman Nasional Lorenz sangat banyak memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan ditunjang dengan keanekaragaman budaya yang sangat menggagumkan, diperkirakan tempat ini telah berusia 30.000 tahun dan merupakan tempat kediaman dari Suku Nduga salah satu suku di papua.

Untuk menuju ke Taman Nasional Lorenz anda bisa melalui Timika ke bagian utara menggunakan penerbangan perintis dan kebagian selatan menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Sawa Erma dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju beberapa lokasi yang ada di Taman Nasional Lorenz. Waktu terbaikuntuk berkunjung ke taman nasional lorenz adalah sekitar bulan Agustus hingga bulan Desember setiap tahunnya. 

2. Teluk Triton
Teluk Triton

Tempat wisata Teluk Triton merupakan sebuah teluk yang terletak di Kabupaten Kaimana, Papua, Indonesia. Wilayah yang menjadi terkenal karena adanya surga bawah laut serta warisan budaya di dalamnya. Kini surga yang tersebunyi di bumi Papua mulai terkenal oleh para ahli biologi laut, penyelam dan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Dengan pemandangan langit yang sangat spektakuler di saat senja, Mereka menjuluki tempat ini sebagai "The Fish Empire" atau "Kota Senja" atau "The Lost Paradise".

Di Teluk Triton ini Anda dapat menemukan berbagai jenis ikan laut yang beberapa diantaranya adalah spesies baru yang hanya Anda dapat temukan di Teluk Triton. Di wilayah ini Anda juga dapat menyaksikan keindahan jenis terumbu karang yang berbeda, diantaranya adalah jenis baru yang tidak akan Anda temukan ditempat lainnya di dunia kecuali hanya bisa anda temukan di teluk Triton, papua.  
Lokasi Teluk Triton yang letaknya dekat dengan Kampung Lobo ini memiliki rentetan pulau-pulau kecil dari batu karang, air yang jernih serta pemandangan pantai dan bawah laut yang sangat menakjubkan sangat bagus untuk kegiatan menyelam sambil menikmati keanekaragaman bawah laut yang tersedia yang bisa anda nikmati.

3. Danau Paniai

Danau Paniai

Danau Paniai adalah sebuah wisata danau yang terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Danau yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan terawat dengan sangat baik. Danau Paniai lokasinya yang yang terletak di wilayah pegunungan dengan udara yang sejuk pada ketinggian 1.700 mdpl menyimpan banyak jenis ikan air tawar dan udang endemik Papua yang sudah sangat langka.  

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata Danau Paniai, dapat memulai menempuh perjalanan dari Kota Enarotali, Ibu Kota Kabupaten Paniai. Dari Kota Enarotali, tersedia dua jalur menuju kawasan Danau Paniai. Pertama, menggunakan jalur darat dengan menyewa kendaraan. Kedua, mengambil jalur udara dengan menumpang pesawat AMA dan AMAF jenis Cessna yang bisa mendarat di wilayah dataran tinggi dengan karakteristik landasan dari tanah.

4. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

 Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Keanekaragaman ekosistem yang terdapat di kawasan Taman Nasional Laut Teluk Cenderawasih merupakan habitat berbagai jenis flora dan fauna, baik yang dilindungi maupun yang tidak dilindungi. Adapun keanekaragaman fauna yang terdapat di dalam kawasan TNTC meliputi antara lain: terumbu karang sebanyak 200 jenis, ikan 209 jenis, moluska 196 jenis, reptil 5 jenis, mamalia air 3 jenis, burung (Aves) 37 jenis, dan fauna darat 183 jenis.Jenis ikan yang diketahui hingga saat ini sebanyak 209 jenis dari 65 Famili.

Pada perairan TNTC juga sering dijumpai Duyung (Dugong Dugon), Lumba-lumba leher botol (Delphinus delphinus), ketam kelapa (Birgus latro), ikan kakatua besar (bumphead parrotfish; Bolbomethopon nuricatum), pari rajawali totol (Aetobatus narinari), pari manta (Manta birostris), hiu reef whitetip (Triaenodon obesus), hiu blacktip (Charcarinus melanopterus), paus biru (Balaenoptera musculus), dan buaya muara (Crocodylus porosus).

Molusca yang tercatat terdiri dari 196 jenis dari 3 klas dan 56 famili, dengan rincian: dari klas Gastropoda atau keong 153 jenis, bivalvia (moluska katup ganda atau kerang) 40 jenis, dan Cephalopoda 3 jenis. Diantara jenis-jenis molusca tersebut yang dilindungi antara lain: dari famili Tridacnidae, yaitu Kima Raksasa (Tridacna gigas), Kima Besar (Tridacna maxima), Kima Tapak Kuda (Hippopus hippopus), dan Kima Lubang (Tridacna coreacea); dari famili Cymatidae, yaitu Triton Trompet (Charonia tritonis); dari famili Cassidae, yaitu Kima Kepala Kambing (Cassis cornuta); dari famili Trochidae, yaitu Lola (Trochus niloticus); dan dari famili Trubinidae, yaitu Batu Laga (Turbo marmoratus).  

Adapun jenis-jenis penyu yang sering dijumpai, antara lain: Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Sisik Semu/Lekang (Lephidochelys olivaceae), dan Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea).   

5. Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon adalah pulau yang mempunyai pesona pantai sangat indah dan menawan, Pulau Rumberpon ini terletak di sebelah utara Kabupaten Teluk Wondama dan berbatasan dengan Kabupaten Manokwari, Papua Barat .

Pulau Rumberpon memiliki garis pantai yang sangat menarik dan indah dengan pasir putihnya yang bersih dan berkilau siap menunggu anda bermain ditepian pantai yang berpasir menghabiskan waktu liburan anda. Di pantai ini juga anda bisa melakukan banyak hal seperti berenang, snoorkeling, scuba diving, berselancar, jet sky hingga memancing.Bukan hanya  itu saja,di Pulau Ruberpon sangat jernih dan di sekitar pulau dikelilingi oleh terumbu karang dengan profil dasar laut yang landai sepanjang 100 meter.   

6. Kepulauan Raja Ampat

 Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan yang berlokasi di bagian Barat Pulau Papua, Indonesia. Perairan Raja Empat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik buat penyelaman di dunia. Ada beberapa kawasan terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%, yaitu di selat Dampier (selat antara Pulau Waigeo dan Pulau Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepualauan Misool Tenggara dan Kepulauan Wayag.

Tipe dari terumbu karang di Raja Ampat umumnya adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam. Tetapi ditemukan juga tipe atol dan tipe gosong atau taka. Di beberapa tempat seperti di kampung Saondarek, ketika pasang surut terendah, bisa disaksikan hamparan terumbu karang tanpa menyelam dan dengan adaptasinya sendiri, karang tersebut tetap bisa hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

Spesies yang unik yang bisa dijumpai pada saat menyelam adalah beberapa jenis kuda laut katai, wobbegong, dan ikan pari Manta. Juga ada ikan endemik raja ampat, yaitu Eviota raja, yaitu sejenis ikan gobbie. Di Manta point yg terletak di Arborek selat Dampier, Anda bisa menyelam dengan ditemani beberapa ekor Pari Manta yang jinak seperti ketika Anda menyelam di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur.

Artikel terkait: Pesona dan Daya Tarik Wisata Raja Ampat Papua

Jika menyelam di Cape Kri atau Chicken Reef, Anda bisa dikelilingi oleh ribuan ikan. Kadang kumpulan ikan tuna, giant trevallies dan snappers. Tapi yang menegangkan jika kita dikelilingi oleh kumpulan ikan barakuda, walaupun sebenarnya itu relatif tidak berbahaya (yang berbahaya jika kita ketemu barakuda soliter atau sendirian). Hiu karang juga sering terlihat, dan kalau beruntung Anda juga bisa melihat penyu sedang diam memakan sponge atau berenang di sekitar anda. Di beberapa tempat seperti di Salawati, Batanta dan Waigeo juga terlihat Dugong atau ikan duyung.

7. Danau Sentani

Danau Sentani

Danau Sentani adalah sebuah danau yang terletak dibawah Lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas 245.000 ha. Danau Sentani dengan luas 9.360 ha berada pada ketinggian 75 mdpl merupakan danau terluas di Papua.

Keberadaan danau yang sangat mudah di jangkau ini sering kali mengadakan Festival Danau Sentani yang biasanya diselenggarakan pada bulan Juni setiap tahunnya. Pada festival ini Anda akan dapat berkeliling di tengah danau dengan 21 pulau kecil di dalamnya sambil menikmati tarian-tarian adat Papua di atas perahu atau menyaksikan upacara adat seperti penobatan Ondoafi dengan sajian berbagai kuliner khas Papua.

Di danau ini Anda dapat menemukan 30 spesies ikan air tawar dan empat di antaranya merupakan endemik Danau Sentani yaitu ikan gabus Danau Sentani (Oxyeleotris heterodon), ikan pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis), ikan pelangi merah (Glossolepis incisus) dan hiu gergaji (Pristis microdon). Danau Sentani kaya akan beragam biota laut dan sudah dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar. Danau Sentani juga dijadikan lokasi wisata untuk berenang, bersampan, menyelam, memancing, ski air serta wisata kuliner. Di antaraketiga ikan endemik danau sentani yang populasinya semakin menyusut adalah ikan gabus Danau Sentani, hal ini dikarenakan telur ikan ini dimakan oleh ikan gabus dari jenis yang lain.   

8. Desa Wisata Suwandarek

Desa Wisata Suwandarek

Desa Suwandarek adalah sebuah Desa Wisata yang berada di bagian barat Pulau Waisal, Kabupatan Raja Ampat, Papua Barat. Di desa ini Anda dapat menyaksikan rumah-rumah beratap daun jerami. Bukan itu saja di desa ini juga terdapat sebuah danau berair asin yang dikenal dengan nama Danau Yenauwyau dan karang yang sangat indah yang letaknya ada dibagian belakang desa. 

Selain memiliki panorama desa yang sangat indah, Tempat ini juga banyak menjajakan cindera mata khas Papua seperti tas atau topi yang dibuat sendiri oleh penduduk desa. Cindera-cindera mata di desa ini menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar desa seperti daun pandan laut. 

Untuk dapat mencapai tempat ini Anda bisa menggunakan jalur udara atau darat ke kota Sorong. Dari Sorong, Anda bisa menggunakan jalur laut dengan menggunakan kapal motor atau speed boat dengan lama perjalanan sekitar 2 jam ke Desa Suwandarek.

9. Pantai Bosnik

Pantai Bosnik

Pantai Bosnik ini terletak di desa Wonik dan berjarak hanya sejauh 15 meter dari pusat kota Biak. Untuk mencapai wilayah pantai Bosnik tentu tidak akan terlalu sulit, dengan harga tiket masuk hanya Rp 10.000; saja membuat banyak masyarakat yang menjadikan pantai ini sebagai kunjungan favorit saat liburan.

Pesona pemandangan alam di sekitar pantai banyak di warnai dengan pepohonan yang rindang, terutama pohon kelapa yang sangat khas dengan suasana pantai. Di lokasi ini anda juga bisa menyewa saung dengan biaya Rp 50.000; saja. Sebuah paket wisata yang ekonomis dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

10. Pantai Amai

Pantai Amai papua

Pantai Amai adalah tempat wisata yang tepat bagi Anda yang menginginkan ketenangan. Pantai ini memang relatif sepi, namun bukan berarti tak menarik. Di ujung pantai, ada muara sungai yang membuat air asin dan air tawar bertemu di sini. Pantai Amai berada di Distrik Depapre atau sekitar 2 jam perjalanan dari Jayapura. Perjalanan menuju pantai akan menguji adrenalin Anda karena medan yang naik turun dan berkelok, namun semuanya akan terbayar ketika sampai dan menyaksikan keindahan Pantai Amai. Untuk masuk ke tempat wisata ini, Anda diharuskan membayar sebesar 25.000 Rupiah yang sudah termasuk biaya parkir.

Air tawar yang ada pada muara pantai amai biasa digunakan oleh wisatawan untuk membilas diri setelah berenang di pantainya. Selain berenang, Anda juga bisa melakukan aktivitas seperti bermain voli pantai, menyelam, snorkeling atau yang mau bersantai di gazebo yang bisa Anda sewa dengan harga 50.000 Rupiah. Jika ingin menginap, di Pantai Amai sudah tersedia penginapan dengan gaya rumah panggung dengan pemandangan alam pantai yang menyejukan mata memandang.

11. Lembah Baliem

Lembah Baliem papua

Lembah Baliem merupakan tempat tinggal bagi suku Dani, Yali dan Lani yang terletak di sekitar Pegunungan Jayawijaya.Papua yang Berada di ketinggian 1.600 meter di atas laut membuat suhu di tempat ini bisa mencapai 10-15 derajat Celcius pada malam hari. Pada bulan Agustus anda bisa menyaksikan Lembah Baliem ini menjadi tempat wisata di Papua menarik yang banyak mengundang perhatian wisatawan.
Baca Juga: Pulau Ular Wisata Unik di Bima

Acara tahunan yang di selenggarakan selama tiga hari ini yaitu berupa Festival Lembah Baliem. Festival ini sebenarnya merupakan cara pemerintah untuk menghapuskan perang antar suku yang sering terjadi di sini. Perang antar suku telah dilarang, sebagai gantinya diadakan festival ini yang mengubah perang tersebut menjadi pertunjukan seni dan budaya untuk mengundang wisatawan.

Dalam perang di festival ini, ada skenario yang dijalankan. Biasanya perang akan diawali dengan penculikan perempuan salah satu suku atau pencurian babi yang menjadi hewan ternak di sini. Selanjutnya, perang akan berlangsung dengan diawali tarian suku dan diiringi musik tradisional. Selain perang, ada juga lomba karapan babi antar desa dan pesta babi bakar. Anda juga bisa membeli kerajinan tangan hasil karya suku setempat sebagai buah tangan saat pulang.

Mungkin itulah 11 Tempat Wisata Papua Terkenal yang perlu anda tahu dan Juga tempat wisata Paling Populer Di Papua sebagai referensi untuk liburan Anda saat ingin  ke Pulau Papua, Indonesia yang sangat sayang untuk Anda lewatkan jika sedang menghabiskan waktu libuaran disana.    

Subscribe to receive free email updates: