7 Tempat Wisata Kalimantan Utara Sayang Untuk di Lewatkan

Provinsi Kalimantan Utara merupakan sebuah provinsi yang berada di suatu pulau terbesar di Indonesia. Dengan kondisi alam begitu luas ini memberikan banyak menyimpan destinasi wisata menarik. Sektor wisata yang tersaji di kalimantan utara tidak kalah menarik jika di sandingkan dengan tempat wisata Kalimantan Timur, tempat wisata Kalimantan Selatan, serta tempat wisata Kalimantan Barat.
Artikel terkait: Mengenal Wisata di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara

Gunung yang terdapat di Kalimantan Utara menjadi salah satu pembeda sektor kepariwisataan kalimantan Utara, kehadirannya menjadi daya tarik positif akan kunjungan para pecinta alam luar negeri. objek wisata tarakan menjadi kawasan paling favorit akhir-akhir ini, semuanya tak lepas dari sajian keindahan yang anda di kalimantan utara. 

Berkunjung ke Kalimantan Utara merupakan sebuah keharusan guna membuktikan segala keindahan yang disuguhkan. Berikut 7 tempat wisata Kalimantan Utara yang banyak dikunjungi.

1.Penangkaran Buaya Juwata
Penangkaran Buaya Juwata
Penangkaran Buaya Juwata, kawasan ini letaknya berada di Desa Karang Harapan. Penangkaran Buaya Juwata merupakan rumah tempat tinggal buaya yang hadir dari beberapa wilayah di Kalimantan. Kawasan ini merupakan wisata unggulan di Tarakan. Luas wilayah Penangkaran Buaya Juwata ± 5 hektar, kawasan ini berdiri sejak tahun 1991. Kunjungi saja Desa Karang Harapan Kota Tarakan Barat jika saja penasaran dengan keberadaannya. Kawasan Penagkaran Buaya Juwata setidaknya mengoleksi 3 jenis buaya, yakni: buaya supit, buaya muara, serta buaya air tawar. 

2. Pantai Amal
pantai amal tarakan pantai amal baru pantai amal tarakan kaltim pantai amalfi pantai amal baru tarakan pantai amal kalimantan utara pantai amal lama tarakan pantai amal tarakan photo pantai amal lama wisata pantai amal tarakan foto pantai amal tarakan sejarah pantai amal wisata pantai amal deskripsi pantai amal tarakan kelurahan pantai amal kota tarakan lokasi pantai amal tarakan misteri pantai amal tarakan kayuhan amal pantai timur
Pantai Amal adalah sebuah pantai yang identik dengan berjejernya pohon kelapa sebagai pelengkap keindahannya sebagai mana umumnya pantai-pantai di indonesia. Pantai Amal dilengkapi dengan jejeran pohon kelapa, terlihat indah manakala pohon-pohon kelapa tersebut tertiup angin, terkesan melambai-lambai. Pantai Amal berada di Desa Pantai Amal, ber-Kecamatan di Tarakan Timur. Pantai Amal merupakan pantai yang terbagi dua, Pantai Amal Lama Juga Pantai Amal Baru, keduanya sangat mempesona juga sangat menakjubkan. Birunya air laut membilas pasir di bibir pantai, menambah kesan indah yang tak terbantah. Kondisi tersebut membuat kita betah untuk bisa bertahan lama menikmatin keindahan pantai ini.

3. Museum Rumah Bundar
 Museum Rumah Bundar museum rumah bundar tarakan museum rumah bundar di tarakan sejarah museum rumah bundar
Museum Rumah Bundar ini adalah sebuah bangunan museum, memiliki keunikan yang tidak biasa dilihat, karena Museum Rumah Bundar datang dari bentuk atapnya yang membentuk setengah lingkaran. Museum Rumah Bundar banyak menyimpan benda-benda warisan bersejarah pada zaman kolonialis Belanda dan Jepang tempo dulu. Museum Rumah Bundar letaknya berada di Jalan Danau Jempang. Berkunjung ke Provinsi Kalimantan Utara dan mampir di Museum Rumah Bundar merupakan sebuah kegiatan wisata budaya juga wisata sejarah yang sangat berharga. Menelusuri warisan-warisan tempat, juga benda-benda peninggalan bersejarah memberikan tambahan wawasan yang sangat berharga dan tidak ternilai.


4. Wana Wisata Persemaian
Wana Wisata Persemaian
Wana Wisata Persemaian, ini merupakan tempat anda bisa melihat hewan juga tumbuhan yang hidup langsung di alam liar, namun di lindungi mungkin merupaka sebuah pemandangan yang langka. Pemandangan langka tersebut akan kita dapatkan di Wana Wisata Persemaian. Hutan lindung yang berada di bawah lindungan Inhutani Kota Tarakan, memberikan sensasi tersendiri jika kita berkunjung ke Provinsi Kalimantan Utara. Wana Wisata Persemaian ini merupakan tujuan banyak wisatawa yang sedang berkunjung di kalimantan Utara.
5. Pantai Batu Lamampu
Pantai Batu Lamampu   pantai batu lamampu nunukan
Pantai Batu Lamampu ini menjadi objek wisata yang menarik dan patut untuk dikunjungi oleh anda jika sedang berada/berkunjung ke Kalimantan Utara. suasana di pantai dengan angin sepoi-sepoi dan juga adanya sejarah dari penamaan tempat ini sendiri. Tempat wisata di kalimantan Utara paling bagus ini terletak di Daerah Sebatik. Yang mana ketika air laut pasang maka akan menimbulkan batu yang disebut dengan Lamampu. Itu yang menjadi sejarah awal mula menjadi sebutan Pantai Batu Lamampu.

6. Gunung Putih
Gunung Putih gunung putih rengel gunung putih tuban gunung putih madura gunung putih rengel tuban gunung putih di tuban gunung putih kalimantan utara gunung putih pemalang gunung putih bogor gunung putih putra gunung putih samarinda gunung putih perfect world gunung putih bandung gunung putih banjarnegara gunung batu putih gunung kawah putih gunung batu putih samarinda gunung batu putih perak gunung merah putih gunung kawah putih bandung coklat gunung putih kera putih gunung agung tledekan gunung alis putih kawah putih gunung apa kera putih gunung agung bali sulingan gunung alis putih macan putih gunung arjuno gunung merah putih sulit air gunung merah putih sulit air solok gunung putih bulungan gunung batu putih suryanata sejarah gunung putih bulungan jalan gunung batu putih makassar jalan gunung batu putih ketinggian gunung batu putih lokasi gunung batu putih samarinda kawah putih gunung bromo peta jalan gunung batu putih makassar setia hati putih gunung boto gunung batu putih tapah gunung batu putih gps gunung batu putih hiking
Tempat wisata Gunung putih sangat Cocok sekali untuk wisatawan yang suka memanjat tebing namun kalau anda masih ragu bisa menggunakan tangga yang sudah disiapkan. Pamandangan di Gunung Putih  ini sangat eksotis, dimana banyak sekali ditemukan bak ukiran relief-relief yang dibuat oleh seorang seniman berkelas.

Nah kalau anda ingin pergi ke tempat wisata di Kalimantan Utara paling menantang dan indah ini jangan lupa untuk membawa tenda. Karena di malam hari dari atas gunung putih sangat romantis untuk bersantai bersama dengan keluarga untuk menghabiskan akhir pekan.

7. Pantai Tanah Kuning
Pantai Tanah Kuning pantai tanah kuning bulungan
Objek wisata pantai tanah kuning ini masih benar-benar alami dengan air yang masih jernih dan pasir yang berwarna Kuning. Di pantai ini anda bisa menikmati keindahan alam yang ada disekitarnya dan menghirup udara yang segar. Pantai Kuning yang ada di Daerah Derawan ini terkenal dengan populasi ikannya yang sangat banyak. Tak heran wisatawan yang pulang dari tempat wisata di Kalimantan utara paling indah ini selalu membawa oleh-oleh ikan segar.


Nah itu tadi 7 tempat wisata Kalimantan Utara yang bisa anda kunjungi saat anda berada/berkunjung di Kalimantan Utara. Sebetulnya masih banyak sekali tempat-tempat wisata di kalimantan utara yang bisa anda jadikan referensi saat berkunjung, meskipun masih belum optimal dalam pengelolaannya namun dengan keindahan dan kealamiannya bisa membuat kesan tersendiri bagi setiap wisatawan yang suka dengan suasana alami.

Subscribe to receive free email updates: