Kalibiru Tempat Wisata Alam Jogja Yang lagi Populer

Wisata Kalibiru Jogja- Tempat wisata Jogja seakan tidak ada habisnya untuk dijelajahi terutama tempat wisata seputar jogja kota. selalu  saja muncul  tempat wisata baru yang mempunyai daya tarik tersendiri dan membuat penasaran untuk di kunjungi, seperti saat ini tempat wisata alam populer yang sedang hit di kalangan traveler Tempat wisata alam Kalibiru di Yogyakarta.

Wisata Kalibiru adalah tempat wisata yang berada di atas Waduk Sermo yang merupakan satu-satunya Waduk di Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata Kalibiru merupakan pengembangan dari adanya Wisata Alam Kalibiru, daerah tersebut yang sekarang di jadikan sebagai Desa wisata.

Jadi keberadaan Desa Wisata Kalibiru tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Wisata Alam di wilayah ini sebagai cikal bakal sekaligus mejadi andalan bagi Desa Wisata Kalibiru. Keberadaan Wisata Alam sendiri tidak lepas dari proses panjang pengelolaan kawasan hutan yang ada di Kulon Progo, yang pada akhirnya dikelola oleh masyarakat sekitar hutan dengan nama Hutan Kemasyarakatan.

Objek Wisata Kalibiru
Tempat wisata Jogja Kalibiru mempunyai pemandangan alam sangat indah, sehingga banyak para wisatawan berkunjung di tempat ini. Banyak hal bisa di lakukan di tempat wisata kalibiru terutama kegiatan berkaitan dengan alam bebas atau alam terbuka. Kegiatan Trekking di Kalibiru merupakan salah satu aktivitas paling seru di Desa Wisata Kalibiru. Disini disediakan jalur trekking yang beragam mulai dari 1,5 kilometer, 3 kilometer, 5 kilometer dan 7 kilometer.

Jika memilih trek 7 kilometer maka kita bisa melihat Waduk Sermo dari jarak yang begitu dekat. Yang lebih seru lagi, saat trekking menyusuri jalan setapak kita bisa menjumpai berbagai jenis satwa seperti Ayam Hutan, Landak, Babi Hutan, Elang Jawa, Harimau Jawa bahkan Harimau Kumbang dan masih banyak lagi satwa liar yang bisa menjadi pemandangan indah untuk di pandang.

Wisata Jogja yang terletak di kawasan Perbukitan Menoreh Yogyakarta, Kalibiru memiliki suhu yang sejuk dan udara segar sehingga cocok dijadikan tempat berlibur. Pada mulanya Kalibiru merupakan hutan milik pemerintah, namun kini hutan tersebut dikelola oleh masyarakat setempat dan dikembangkan menjadi wisata alam.

Awal Mula Destinasi Wisata Alam Kalibiru
Desa Wisata kalibiru menjelma menjadi destinasi wisata populer di Kulonprogo sejak tahun 2008 silam. Tempat ini murni dikelola oleh penduduk setempat secara swadaya, jadi tidak ada keterlibatan pihak swasta maupun pemerintah.
Diawali dengan pembuatan jalan setapak, baru kemudian berlanjut dengan pembangunan sejumlah fasilitas seperti sarana MCK, gardu pandang, cottage, serta fasilitas flying fox.

Awalnya pembukaan desa wisata ini harus mendapat persetujuan Departemen Kehutanan. Uji coba sekitar 5 tahun kemudian diisi dengan menggalakkan penghijauan seperti menanam berbagai jenis pohon agar hutan tetap terjaga dan tidak gersang.

Upaya masyarakat untuk membangun sebuah desa wisata tidak sia-sia. Terbukti tempat ini menjadi langganan wisatawan lokal maupun asing, terutama bagi yang mencintai petualangan di alam bebas dengan menikmati keindahan alam.

Akomodasi di Kalibiru
Fasilitas paling populer di Desa Wisata Kalibiru adalah Gardu Pandang, dimana kita bisa menyaksikan keindahan alam yang memukau dari ketinggian. Kalibiru Jogja juga dilengkapi dengan areal parkir yang luas, kios makanan,cicipi juga Nasi Kucing Khas Kuliner Tradisional Jogjafasilitas mck, pendopo, homestay, camping ground, serta fasilitas outbond.

Homestay atau pondok wisata yang ada di Kalibiru berjumlah 6 dan masing-masing dapat menampung 100 – 15 orang. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 120.000 per malam untuk satu pondok. Karena itu tempat ini kerap dijadikan lokasi makrab, gathering, bahkan retreat. Bagi wisatawan yang ingin bermain flying fox, di Kalibiru Jogja juga terdapat fasilitas permainan ini yang bisa dilakukan oleh anak-anak maupun dewasa.

satu hal lagi yang tak kalah menarik dengan wisata alam lainnya adalah menara pandang yang sengaja disediakan masyarakat setempat untuk menarik pengunjung. dari menara pandang terseut, Anda dapat melihat keindahan waduk Sermo dan keindahan kota jogja pada saat siang hari. Menara pandang berada di atas pohon yang tingginya berkisar antara 20-25 meter. Dari ketinggian tersebut, anda bisa melihat hutan di kawasan Kalibiru Jogja tersebut.

Lokasi Desa Wisata Kalibiru
Desa Wisata Kalibiru Kulonprogo terletak di sebelah barat kota Yogyakarta alamat tepat Kalibiru di desa Hagrowilis kecamatan Kokap, Kulonprogo kurang lebih 40 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Waktu normal perjalanan yang dibutuhkan untuk mencapat wisata kalibiru umumnya sekitar 1 – 1,5 jam. Banyak papan nama yang terlihat jelas sepanjang perjalanan, kita tinggal mengikuti arah yang ditunjukkan oleh papan nama tersebut. Dengan begitu kita bisa sampai ke lokasi dengan aman.

Harga Tiket Masuk
Di Desa Wisata Kalibiru juga tersedia fasilitas Flying Fox. Fasilitas ini sangat tepat untuk menguji adrenalin pengunjung yang suka dengan tantangan ekstrim. Tersedia 2 jalur Flying Fox dengan panjang berbeda yaitu 50 meter dan 85 meter. Untuk menikmati fasilitas ini pengunjung dikenakan tarif Rp. 10.000 (dewasa) dan Rp. 5.000 (anak-anak). sayangnya fasilitas ini hanya bisa dinikmati hanya setiap hari Minggu antara pukul 08.00 – 16.00 Wib.

Subscribe to receive free email updates: