Bubur Kampiun menu takjil buka puasa Khas Padang

Bubur Kampiun Minang, Untuk sajian menu berbuka puasa atau yang sering disebut takjil tentu saja sudah siap tersedia dengan pilihan selera masing-masing. menu takjil atau ta'jil yang artinya menyegerakan ini biasanya adalah hidangan atau camilan yang praktis dan menyegarkan. Untuk menu takjil berbuka puasa tentu saja begitu banyak sekali aneka kreasinya. ada yang berupa minuman atau makanan hangat ataupun yang disajikan dingin yang menyegarkan.


Untuk takjil berbuka puasa yang sering dicari banyak orang biasanya kolak. hidangan khas ramdhan yang satu ini memang tak pernah terlewatkan dan selalu eksis disetiap kesempatan termasuk untuk menu takjil buka puasa. kolak yang memiliki rasa manis dan gurih dari kuah santan seringkali menggoda selera untuk segera menikmatinya. sehingga seringkali kolak disajikan sebagai hidangan berbuka puasa yang enak dan lezat.

menu takjil buka puasa menu takjil buka puasa sederhana menu takjil buka puasa unik menu takjil buka puasa praktis menu takjil buka puasa di masjid menu takjil berbuka puasa resep menu takjil buka puasa aneka menu takjil buka puasa daftar menu takjil buka puasa macam macam menu takjil buka puasa menu buka puasa atau takjil resep menu buka puasa dan takjil menu takjil buat buka puasa menu takjil untuk buka puasa menu takjil untuk berbuka puasa menu takjil buka puasa resep menu takjil berbuka puasa resep menu takjil untuk berbuka puasa menu buka puasa takjil menu buka puasa dan takjil resep menu buka puasa takjil resep takjil menu buka puasa menu takjil dan buka puasa menu tajilan buka puasa resep menu tajilan buka puasa resep tajilan berbuka puasa
Bubur Kampium
Namun jika anda ingin menu takjil berbuka puasa dengan nuansa dan rasa yang berbeda bisa mencoba menu takjil bubur kampiun khas padang. Penganan manis khas Minangkabau ini konon mampu membuat orang lupa diri karena rasanya yang mantap di lidah. Bagaimana tidak, bubur ini merupakan bubur yang di olah dengan kombinasi dari berbagai takjil seperti seperti kolak pisang, kolak ubi, bubur sumsum, bubur candil, bubur ketan hitam dan putih, serta srikaya.


Untuk anda yang ingin merasakan nikmatnya bubur kampiun minang khas padang tidak perlu jauh-jauh pergi ke Kota Padang, Saat ini bubur kampiun sangat mudah dijumpai tidak hanya di sekitar Sumatera Barat, namun juga di kota-kota lainnya di Indonesia. Uniknya, tidak semua daerah memiliki campuran bubur kampiun yang sama. Di kota Padang Panjang, misalnya, campuran yang disajikan sedikit berbeda dengan bubur kampiun pada umumnya. Mereka menambahkan sejenis agar-agar merah dan gula merah cair di atasnya.

Bila di kota daerah tempat tinggal anda tidak ada yang menjual bubur kampium anda juga bisa membuatnya sendiri, karena tidak terlalu sulit untuk membuatnya. di bawah ini resep bubur kampiun yang bisa anda aplikasikan jika anda ingin membuat sendiri sebagai menu buka puasa bulan ramadhan.


Resep bubur kampiun Minang khas sumatera barat 

Bahan-bahan Kolak Pisang :

pisang tanduk 2 buah ( dipotong-potong )
Santan 500 mili liter
Gula merah 150 gram
Garam 1 sendok makan
Daun pandan 1 lembar
Bahan-bahan Bubur Candil :

Tepung ketan 150 gram
Garam 1/2 sendok teh
Air kapur sirih 1/4 sendok teh
Air hangat 100 mili liter
Air 300 mili liter
Gula merah 100 gram
Daun pandan 1 lembar
Tepung beras 1 sendok makan ( larutkan dengan sedikit air )
Bahan-bahan Bubur Sumsum :

Santan 300 mili liter
Garam 1/2 sendok teh
Daun pandan 1 lembar
Tepung beras 100 gram ( cairkan dengans sedikit santan )
Bahan-bahan Ketan Hitam :

Ketan Hitam kukus 250 gram ( siap pakai )
Kelapa setengah tua 1/2 butir ( parut panjang )

Cara Membuat Bubur Kampiun : 
  • Kolak pisang : langkah awal didihkan santan , gula merah , garam dan daun pandan . setelah itu masukkan potongan pisang lalu masak hingga pisang matang , angkat dan sisihkan .
  • Bubur Candil : campur rata tepung ketan , garam dan air kapur sirih . tuang air hangat , uleni hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk . ambil seidkit adonan lalu bentuk bola-bola kecil , sisihkan .
  • selanjutnya didihkan air , gula merah dan daun pandan . lalu masukkan bola-bola kecil , kemudian masak hingga mengapung . tambahkan larutan tepung beras , masak hingga kental lalu angkat dan sisihkan .
  • Bubur Sumsum : Langkah awal masak santan , garam dan daun pandan hingga mendidih . masukkan larutan tepung beras , aduk hingga matang dan kental , angkat , sisihkan .
  • Penyajian : Siapkan mangkuk saji , lalu letakkan bubur sumsum , bubur candil , kolak pisang , ketan kukus dan kelapa parut yang sudah disiapkan sebelumnya . sajikan 

Itu tadi ulasan bubur kampiun menu takjil buka puasa khas Padangn dan resep cara membuat bubur kampiun. semoga bisa di aplikasikan sebagai menu tambahan saat anda berbuka puasa. Meskipun demikian di bulan lain juga anda bisa menemukan bubur khas sumatera Barat ini di tempat yang menyediakan jajanan di kota Minang.

Subscribe to receive free email updates: