5 Makanan Khas Bangka Belitung Yang Harus Anda Coba

Bangka Belitung adalah merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan ibukota Pangkal Pinang, yang terdiri dari 2 pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung, serta pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik. Total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah, sedangkan pulau yang berpenghuni hanya 50 pulau. Berlokasi di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan, Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, Bangka Belitung juga terkenal memiliki pantai yang indah dan masyarakat multi etnis yang hidup rukun dan damai. 
Selain keindahan wisata belitung juga merupakan tempat berburu makanan khas bangka belitung yang tidak kalah nikmat dengan kuliner yang ada di daerah lain di Indonesia. Untuk yang belum tahu kuliner belitung berikut merupakan ulasan 5 Makanan Khas Bangka Belitung yang Harus anda Coba ketika anda sedang berkunjung ke Bangka Belitung:


1. Kericu
kericu bangka harga kericu bangka cara buat kericu cara bikin kericu resep bikin kericu harga kericu kericu ikan kricu khas bangka kericu khas bangka kerupuk kericu membuat kericu cara membuat kericu bahan membuat kericu cara pembuatan kericu resep kericu
Kericu
Kericu merupakan kuliner masih masuk dalam kategori sea food yang mempunyai rasa cukup enak, kericu juga merupakan makanan dengan gizi tinggi karena campuran dari sea food tersebut. Makanan ini bentuknya lonjong kering sebagai camilan seperti kerupuk. Makanan ini berbahan utama telur cumi-cumi dan sagu. Cara pembuatan kuliner ini adalah telur cumi-cumi dihaluskan sampai lembut. Adonan telur cumi-cumi yang sudah lembut kemudian ditambah tepung sagu (tapioka). Setelah itu, adonan ditambahi bumbu lainnya seperti lengkuas, bawang merah, bawang putih, garam, serta bumbu-bumbu lainnya.

Setelah adonan dibentuk menjadi lonjong dengan sisi ujung runcing, maka adonanpun siap di masak. Cara memasak kuliner yang renyah ini ialah dengan digoreng sampai kering. Agar makanan ini menjadi awet, anda bisa menaruh makanan ini diwadah tertutup. Makanan ini dapat anda jumpai di tempat-tempat yang menyediakan oleh-oleh kuliner Bangka Belitung.

Kericu sendiri sebenarnya hampir sama dengan Amplang Kerupuk Tenggiri Khas Kota Ketapang cuma beda bahan campurannya saja jika kericu di campur dengan telur cumi-cumi sedangkan amplang dibuat dengan campuran ikan tenggiri, tapi yang lebih penting keduanya sama nikmatnya dan menambah kekayaan kuliner Indonesia.

2. Pantiaw
pantiaw bangka pantiaw khas bangka pantiawati 2010 pantiaw jakarta ika pantiawati cara membuat pantiaw beras cara buat pantiaw cara bikin pantiaw resep buat pantiaw pantiaw goreng pantiaw kuah ikan resep pantiaw khas bangka belitung membuat pantiaw bangka cara membuat pantiaw resep membuat pantiaw resep pantiaw resep pantiaw bangka resep pantiaw beras
Pantiaw
Pantiau adalah makanan berkuah khas Bangka Belitung yang sayang patut anda coba. Dengan suiran kecil-kecil ikan, makanan ini terasa sangat nikmat dan pas di lidah, dipadu dengan kuah dengan ragam rasa dari bawang, seledri dan bumbu-bumbu lainnya, membuat makanan ini terasa akrab di lidah masyarakat Indonesia khususnya masyarakat belitung.

Baca Juga: Bubur Kampiun menu takjil buka puasa Khas Padang

Rasa yang tergambar di Pantiau adalah pedas gurih manis. Masakan yang satu ini bisa juga ditambah bakso maupun mie sebagai pelengkap yang mempernikmat dan semakin menambah sensasinya. Secara keseluruhan makanan ini hampir sama dengan sup ikan, cap cay, soto, dan kuliner berkuah lainnya. Bagi anda yang suka makanan-makanan tersebut, maka anda wajib juga mencoba Pantiaw jika anda sedang wisata di Bangka Belitung.

3. Lempah
Lempah  lempah kuning lempah darat lempah kuning bangka lempah kuning ikan tenggiri lempah nanas lempah kuning khas bangka belitung lempah bakut lempah kuning ceker lempah ikan nanas lempah iga daun kedondong lempah kuning resep lempah khas bangka lempah kulat lempah daging lempah jamur lempah darat khas bangka belitung lempah kuning jtt lempah kuning ikan patin lempah jtt lempah daun kedondong alor lempah ampang pecah taman sri lempah apartment lempah bangka bumbu lempah kuning bumbu lempah kuning khas bangka bumbu lempah kuning bangka bumbu lempah darat bumbu lempah kuning nanas bahan lempah kuning bumbu lempah kuning ikan lempah kuning bangka belitung lempah darat bangka resep lempah bangka lempah nanas bangka lempah cukut bangka lempah nanas khas bangka resep ikan lempah bangka lempah cukut sri lempah case lempah darat kates lempah darat keladi lempah darat pepaya daging lempah kuning resep lempah darat khas bangka resep lempah darat bangka cara membuat lempah darat khas bangka resep masakan lempah darat belitung resep daging lempah kuning sri lempah enterprise sdn bhd sri lempah enterprise sdn bhd 1979 kes sri lempah enterprise sdn bhd 1979 lempah edina sri lempah flat sri lempah flat taman desa sri lempah flat for sale sri lempah flat for rent sri lempah flat taman desa for rent sri lempah for rent sri lempah flat taman desa for sale sri lempah flat mudah lempah ikan lempah ikan pari lempah iga sapi lempah ikan kuning ikan lempah kuning bangka ikan lempah timun iga lempah kuning resep lempah ikan resep lempah ikan bangka lempah kuning ikan kembung resep lempah ikan pari bangka bumbu lempah ikan lempah kuning ikan tongkol lempah kuning iga sapi masak lempah ikan resep ikan lempah kuning bangka lempah jamur pelawan lempah darat jantung pisang
Lempah
Lempah merupakan masakan berkuah yang biasanya berbahan dasar sea food atau bisa juga daging sapi yang dibumbui rempah-rempah yang beraroma kuat. Mengenai kuliner Lempah, biasanya masyarakat Bangka Belitung menyajikanya dengan beragam jenis dan bahan. Salah satu jenis Lempah adalah Lempah Kuning, dinamai demikian karena Lempah jenis ini berbahan dasar nanas yang di iris-iris dan disajikan dengan kuah kuning kunyit mendominasi. 
Selain itu, Lempah jenis lain juga memiliki bahan bahan yang tidak kalah unik yakni Lempah Darat. Lempah darat memadukan sayuran dengan kacang-kacangan seperti kacang kedelai. Lempah jenis lain yang bisa kita jumpai yaitu Lempah Kulat yang berbahan dasar Jamur. Banyak sekali jenis lempah tergantung dari bahan dasar yang dibuat untuk masakan khas belitung ini

4. Rusip
Rusip rusip khas bangka rusip adalah rusip palembang rusip antara rusip bangka belitung rusip udang rusip ikan rusip pdf rusip ikan teri rusip belitung rusip resep rusip makanan rusip sarawak rusip teri sambal rusip rusip bangka rusip band resep rusip bangka jual rusip bangka sambal rusip bangka harga rusip bangka sejarah rusip bangka cara buat rusip cara bikin rusip cara bikin rusip bangka latar belakang rusip cara masak rusip bangka cara makan rusip bangka resep masak rusip bangka definisi rusip jual rusip di jakarta cara membuat rusip enak fermentasi rusip fermentasi rusip pdf fermentasi rusip ikan teri jurnal fermentasi rusip cara fermentasi rusip makalah fermentasi rusip jurnal fermentasi rusip pdf gusbakti rusip kandungan gizi rusip harga rusip harga rusip ikan bangka
Rusip
Makanan ini terbuat dari ikan teri yang diasinkan dan diperam selama satu pekan. Kemudian disimpan didalam botol-botol untuk diawetkan. Rasanya asin-asin manis. Biasanya dimakan sebagai temannya nasi. Untuk orang asli Bangka tentu rusip bukanlah satu makanan yang aneh atau asing lagi. Rusip adalah makanan berbahan dasar ikan teri yang difermentasikan dalam botol atau tempat yang di tutup rapat dengan menggunakan garam dan ditambahkan dengan gula dan penyedap. Makanan ini juga dapat menambah nafsu makan. Rusip bisa menjadi pengganti sambal dan sangat cocok dimakan bersama lalapan. 

Pada umumnya cara mengkonsumsi rusip sangat mudah. Rusip dapat dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu. Cukup hanya ditambahkan serai, bawang merah, jeruk sambel dan cabe rawit, rusip sudah siap dikonsumsi. Tetapi ada juga yang memakannya dengan dimasak/ dipanaskan diatas api terlebih dahulu. Jadi, jangan pernah ragu untuk mengkonsumsi makanan tradisional ini karena rasanya benar-benar nikmat dan dijamin bisa menambah nafsu makan anda.

5. Lakso
lakso bangka laksono lakso palembang laksono trisnantoro klakson lakso khas bangka laksono wahyu pentul budoyo lakso khas palembang klakson telolet laksono widodo klakson bus klakson denso lasona klakson keong laksono dwionggo lakso bangka resep laksono hari wiwoho lakson toa laksono picture klakson kapal lakso anindito lakso adalah lakso alan ari lasso ari lakso mp3 ari lasso hampa ari lasso penjaga hati arie lakso aki lakso anne lakso anna lakso amanda laakso anna lakso boden antti laakso alexander lakso angie laakso andreas lakso jomala susan lakso aditus lakso et al 1992 anni lakso lakso bangka di jakarta lakso bangka belitung laksaboy lasko box fan burgo lakso bumbu lakso palembang boneka lotso bikin lakso buat lakso bahan lakso resep lakso bangka belitung cetakan lakso bangka membuat lakso bangka jual lakso bangka makanan lakso bangka lakso dan burgo resep buat lakso resep bikin lakso lakso cottoner lakso company lakso cottoner model 52 lakso co lakso cottoner model 150 lakso cornell lakso cottoner parts lakso cottoner model 300 lakso cottoner 300 lasko cotbed lakso company leominster ma lasko cyclone
Lakso
Lakso adalah makanan terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan kuah santan yang terbuat dari daging ikan. Mantap dan nikmat disajikan panas apalagi ditambah dengan sambal cabe rawet pasti makin pas nikmatnya. Makanan ini juga bisa anda coba jika sedang berkunjung ke Bangka belitung sebagai pelengkap wisata kuliner anda.

Bangka Belitung adalah sebuah provinsi kepulauan yang dikelilingi laut jadi jangan heran jika sebagian besar makanan khas nya kebanyakan dari hasil olahan yang berbahan dasar dari laut yang tentu ini sangat bergizi dan mengandung protein yang sangat tinggi.

Baca Juga: 5 Wisata Pantai di Bangka Belitung Paling Menarik

Bila sedang di bangka Belitung anda bisa mendapat semua makanan ini  di toko dan pasar di kota Pangkal Pinang. Tapi jika ingin mendapat harga lebih murah, Anda bisa membelinya di pasar-pasar tradisional, akan tetapi  untuk pasar tradisional waktunya terbatas karena hanya buka sampai sore hari. Jadi Harus pandai menyiasati, sedangkan untuk di toko anda bisa menemukannya sampai malam hari.

Subscribe to receive free email updates: