5 Tempat Wisata Aceh Jaya Paling Populer

Tempat Wisata Aceh Jaya- Kabupaten Aceh Jaya memiliki beberapa Destinasi objek wisata menarik untuk anda kunjungi saat berada di Kabupaten Aceh Jaya. Aceh Jaya merupakan salah satu kabupaten di Aceh hasil pemekaran dari kabupaten Aceh Barat dengan ibukotanya berada di Calang. Kabupaten yang sepanjang jalan sebelah kanannya adalah laut dan sebelah kiri pegunungan. Ketika anda melewati jalan Aceh Jaya anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan.

Membahas tempat wisata, aceh jaya juga memiliki destinasi wisata menarik untuk tujuan wisata, Berikut 5 tempat Wisata Aceh jaya yang bisa jadi referensi wisata anda ketika berada di Kabupaten Aceh Jaya.

1. Teluk Rigaih

Teluk Rigaih aceh jaya

Dari Banda Aceh kota kabupaten aceh jaya Calang disini dapat dijumpai beberapa tempat menarik yang siap memanjakan mata yang letih dalam perjalanan. Dimulai dari Puncak Geurutee hingga kota Calang begitu banyak tempat yang bisa disinggahi, Salah satunya adalah di Rigaih didekat kota Calang yang terkenal sebagai tempat snorkling, diving maupun memancing.

Kawasan Rigaih adalah sebuah Kawasan Rest Area yang berbentuk teluk yang terdapat di kampong Riagih, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya. Kawasan ini persis berada di pinggir Jalan Nasional. Rigaih menyuguhkan pemandangan teluk yang menawan dengan pulau-pulau yang terhampar disekitarnya dan lautnya masih sangat alami, biru dan tenang. 

2. Pulau Reusam

Pulau Reusam aceh jaya

Pulau Reusam merupakan obyek wisata yang berupa sebuah pulau kecil yang indah di seberang pesisir Pantai Barat Aceh. Pulau ini memiliki pantai dengan pasir putih yang bersih dan birunya laut yang jernih. Selain itu, Pulau Reusam juga memiliki keindahan bawah laut yang siapun tak akan menyangka keindahannya dan lokasi ini bahkan digadang-gadang akan menjadi tujuan wisata bahari alternatif di Aceh setelah Pulau Sabang. Selain pantai dengan pasir putih, sebagian lainnya dari Pulau Reusam dikelilingi oleh bukit bebatuan. 


Berwisata ke Pulau Reusam masih terhitung sangat murah, biaya yang dikeluarkan hanya sekitar 30 ribu rupiah per orang dan dibayarkan kepada pemilik kapal. Biaya tersebut sudah termasuk biaya antar jemput. Fasilitas yang ada di Pulau Reusam memang masih belum memadai untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Hanya terdapat satu sumur yang disekat dan digunakan sebagai tempat membilas setelah berenang di laut, dan juga satu buah gazebo yang digunakan sebagai mushalla. 

3. Arung Jeram di Sungai Teunom 

Arung Jeram di Sungai Teunom

Salah satu dari sekian banyak keindahannya adalah aliran Kreung Teunom. Kreung atau Sungai Teunom tempat Wisata Aceh  yang merupakan salah satu sungai terdahsyat di Provinsi Aceh. Disungai Teunom di Aceh jaya merupakan tempat wisata alam yang bisa Anda jadika sebagai wisata uji nyali  karena kegiatan mengarungi derasnya Jeram selama 7 hari. Aceh Jaya, wilayah pesisir yang terletak di kawasan barat Pantai Sumatera ini memiliki keindahan panorama alam.

Sungai ini memiliki panjang berkisar 57 km, dihitung dari Cot Kuala, Kecamatan Mane Kabupaten Pidie. Ada banyak sungai yang mengaliri Kreung Teunom. Sederetan sungai itu adalah Kreung Geumpang, Kreung Sekuleh, Kreung Beutung. Masih banyak lagi sungai kecil yang bermuara ke Sungai Teunom.

4. Pantai Pasi Saka

Pantai Pasi Saka aceh jaya

Obyek wisata Pantai Pasi Saka merupakan pantai tersembunyi yang terhampar pada bibir samudera hindia. Perjalanan setapak yang Wisata Aceh lewati eks gampong Mata Ie serta pendakian tanah basah bukit Ujong Gla terbayar lunas ditempat dengan pesona pantai tersembunyi ini sepadan dengan jalur sulit untuk mencapai lokasi. 

Hal yang menarik dari obyek wisata pantai Pasi Saka adalah bulir pasir-pasirnya. Jika dilihat dari jarak dekat, namanya juga pasir, harus dilihat sedemikian dekat untuk melihat butir perbutir. Beberapa bulir pasir ini berbentuk seperti Kristal yang bewarna bening. Persis seperti butir gula, karena itu pula, barangkali pantai ini dinamai Pasi Saka (saka=gula)

5. Puncak Geurutee

Puncak Geurutee aceh jaya

Obyek wisata Puncak Geurutee merupakan wisata alam Yang Menajubkan Di Aceh Jaya. Puncak Geuratee merupakan sebuah gunung yang terletak Kabupaten Aceh Jaya, Aceh. Gunung Geurutee menjadi lintasan jalan nasional menuju kawasan barat selatan Aceh. Puncak Geurutee merupakan salah satu sensasi keindahan objek wisata alam Aceh jaya. Jika Melihat Indahnya Pesona Alam Aceh Jaya dari Puncak Gunung Geurutee sangat indah mempesona dan menakjubkan. 

Subscribe to receive free email updates: