8 Tempat wisata Ternate Maluku Utara Yang Menarik Dikunjungi

Ternate merupakan sebuah daerah yang letaknya berada di bawah kaki gunung api Gamalama pada sebuah Pulau Ternate di Provinsi Maluku Utara Indonesia. Ternate Maluku Utara juga merupakan sebuah daerah yang mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik, seperti wisata Sejarah, wisata alam, wisata Bahari dan masih banyak lagi lainnya yang bisa kunjungi untuk liburan. Ternate bagian dari tempat wisata di Indonesia yang banyak tempat wisata.

Banyak tempat wisata ternate Malaku Utara yang bisa anda jadikan tempat wisata yang menarik untuk kegiatan traveling anda, karena di maluku Utara ini sangat cocok dan memang sudang terkenal dengan obyek wisata yang sudah tidak diragukan lagi keindahannya terutama wisata pantai di ternate. wisata ternate banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun luar Negeri, dengan mengetahui lebih dahulu tempat mana saja di ternate yang bisa anda jadikan tujuan liburan, dengan begitu bisa memudahkan anda dalam menetukan tempat wisata ternate yang bisa anda kunjungi.

Tempat wisata Ternate tempat wisata d ternate tempat wisata malam di ternate daftar tempat wisata di ternate tempat wisata yang ada di ternate tempat wisata di ternate obyek wisata di ternate tempat wisata menarik di ternate foto tempat wisata di ternate

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi anda yang ingin/sedang merencanakan liburan di ternate Maluku Utara, Indonesia. Berikut daftar 8 Tempat wisata di Ternate Maluku Utara Yang Menarik untuk dikunjungi.

1. Gunung Api Gamalama

Gunung Api Gamalama

Gunung Gamalama adalah sebuah gunung stratovolcano kerucut yang merupakan keseluruhan Pulau Ternate, Kepulauan Maluku, Indonesia. Pulau ini ada di pesisir barat Pulau Halmahera yang ada di bagian utara Kepulauan Maluku. Selama berabad-abad, Ternate adalah pusat benteng Portugis dan VOC Belanda untuk perdagangan rempah-rempah, yang telah mencatat aktivitas volkanik Gamalama.

Gunung Gamalama mempunyai ketinggian 1.715 meter di atas permukaan laut. Gunung Gamalama ditutupi Hutan Montane pada ketinggian 1.200 - 1.500 m dan Hutan Ericaceous pada ketinggian di atas 1.500 m. Gunung Api Gamalama kerap meletus. Uniknya, di lereng Gunung Api Gamalama ini masih bertahan sebuah desa tradisional bernama Desa Marikurubu yang tetap memegang adat istiadat mereka.

2. Air Terjun Cibi Cebi

Air Terjun Cibi Cebi air terjun cibi cebi maluku utara

Air Terjun Cibi Cebi tempat wisata di ternate yang merupakan satu-satunya air terjun yang ada di daerah Maluku Utara. Air terjun ini mengalir ke Sungai Waci dan akhirnya bermuara ke pantai di Halmahera Timur. Lokasi Air terjun ini adalah di Desa Waci, tepatnya di lembah sungai Waci-Peteley. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 14 meter. Jika anda ingin ke air terjun ini Anda dapat mencapainya dengan menempuh perjalanan air menggunakan perahu kurang lebih 7 kilometer dari Waci atau sekitar  30 menit perjalanan.

Anda dapat menikmati air terjun ini dari atas perahuPemandangan di air terjun yang dikelilingi oleh dinding daratan dan tanaman hijau ini membuat anda merasa berada di dasar sebuah kolam besar yang dialiri air oleh air terjun cibicebi.

Baca Juga: Danau Tolire Tempat Liburan Menyenangkan di Ternate Maluku Utara


3. Pulau Halmahera

pulau halmahera penghasil pulau halmahera termasuk wilayah provinsi pulau halmahera timur pulau halmahera utara pulau halmahera dan pulau seram dipisahkan oleh pulau halmahera barat pulau halmahera maluku utara pulau halmahera terdapat di pulau halmahera memiliki tipe fauna yang mirip dengan fauna benua pulau halmahera menghasilkan pulau halmahera maluku

Pulau Halmahera tempat wisata menarik untuk dikunjungi, karena Pulau Halmahera merupakan pulau terbesar di Provinsi Maluku Utara, luasnya sekitar 17.780 meter persegi. Sekilas bentuk pulau Halmahera menyerupai dengan Pulau Sulawesi dengan empat semenanjung namun lebih kecil. Budaya yang ada di Pulau Halmahera sangat unik karena penduduknya merupakan campuran dari bangsa Portugis, Gujarat, Arab, Malaysia, dan Belanda. Selain memiliki objek wisata berupa laut dan gunung berapi, Pulau Halmahera juga memiliki beberapa desa tradisional yang sangat menarik untuk dikunjungi.

4. Batu Angus

Batu Angus batu angus bitung batu angus ternate batu angus bitung sulut batu angus manado batu angus kota bitung batu angus kasawari batu angus sulawesi utara batu angus di ternate batu angus kulaba ternate batu angus kulaba

Tempat wisata ternate dikawasan Batu Angus merupakan lokasi aliran lava yang membeku ketika Gunung Api Gamalama meletus pada tahun 1737. Lokasinya tidak jauh dari bandara kota ternate. Lava yang sudah membatu dan berwarna hitam legam kini ada di sisi kiri dan kanan jalan. tempat ini juga menjadi tempat wisata yang menarik untuk anda kunjungi saat berada di ternate Maluku Utara.

Berjalan-jalan di kawasan Batu Angus sambil menikmati pemandangan Pulau Hiri bisa membuat anda terpesona melihat keindahan yang disuguhkan, bisa sambil membayangkan betapa dahsyatnya Gunung Api Gamalama meletus dan akibat yang ditimbulkan.

5. Pulau Morotai

Pulau Morotai pulau morotai map pulau morotai nakamura pulau morotai dimana pulau morotai maluku pulau morotai perang dunia ii pulau morotai diving pulau morotai surfing pulau morotai selatan pulau morotai ternate pulau morotai dalam angka

Pulau Morotai merupakan tempat wisata yang terlihat unik, karena pulau ini memiliki daratan yang rata sampai garis pantai. Pulau kecil ini memiliki sejarah panjang ketika dijadikan markas perang bagi Jepang pada Perang Dunia 2. Hingga kemudian direbut tentara sekutu dan menjadikan Pulau Morotai sebagai basis perang. pulau morotai banyak terdapat peninggalan perang perairan lautny yang kini menjadi objek wisata bagi para penyelam.

Obyek wisata Pulau morotai selain memiliki daya tarik sebagai bekas pangkalan militer tentara sekutu pada perang dunia ke 2 juga memiliki alam yang sangat indah dan masih asli, salah satunya adalah pantai pasir putih ini. pulau morotai sangat layak untuk dikembangkan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi untuk wilayah propinsi maluku utara atau umumnya kawasan wisata di indonesia.

6. Gua Sagea

Gua Sagea goa sagea

Obyek wisata gua sagea merupakan tempat wisata menarik untuk dikunjungi di ternate lokasinya berjarak 5 kilometer dari Kecamatan Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, Gua Sagea memiliki lebar pintu masuk sebesar 20 meter persegi dan panjang goa mencapai 30 kilometer. Bagian dalam Gua Sagea ini dipenuhi dengan stalaktit dengan warna-warna yang unik.

Di dalam gua ini tidak ada cahaya matahari yang masuk dan bahkan suhu udara di dalam Goa Sagea ini bisa mencapai di bawah nol derajat. Meskipun seram, banyak wisatawan yang tergoda untuk mencari misteri di dalam goa ini.

7. Benteng Oranye

Benteng Oranye benteng oranje ternate benteng oranje di ternate benteng oranye gorontalo benteng oranye maluku utara benteng orange ternate benteng oranye berada di benteng orange di gorontalo benteng oranye maluku sejarah benteng oranye sejarah benteng oranye gorontalo sejarah benteng orange ternate sejarah benteng oranje di ternate benteng oranje di gorontalo

Tempat wisata sejarah yang ada di ternate maluku utara adalah Benteng Oranye. Seperti namanya, Benteng Oranye dibangun pemerintahan kolonial Belanda pada tahun 1607. Ketika itu, Benteng Oranye ini dijadikan markas besar VOC sebelum dipindahkan ke Jakarta pada tahun 1619.

Dulunya Benteng Oranye ini juga digunakan sebagai kediaman gubernur Belanda di Ternate maluku utara. Saat ini Benteng Oranye masih digunakan sebagai markas tentara dan polisi di Indonesia, tetapi wisatawan masih diizinkan untuk melihat kemegahan benteng Belanda ini.

8. Benteng Kalamata

Benteng Kalamata benteng kalamata ternate benteng kalamata maluku utara sejarah benteng kalamata sejarah benteng kalamata ternate sejara benteng kalamata sejarah singkat benteng kalamata ternate sejarah tentang benteng kalamata asal usul benteng kalamata peninggalan benteng kalamata

Tempat wisata Benteng merupakan obyek wisata sejarah di ternate maluku utara, Benteng ini pertama kali di bangun oleh bangsa Portugis (Pigafeta) pada tahun 1540 untuk menghadapi serangan Spanyol dari Rum, Tidore. Benteng ini kemudian dipugar oleh Belanda pada tahun 1609. Sampai tahun 1989, benteng ini terbengkalai. Bahkan dibiarkan begitu saja pengambilan pasir di sekelilingnya sehingga terjadi abrasi dan mengakibatkan sebagian besar benteng tergenang air laut dan mengalami kerusakan besar. Pada tahun 1994, benteng ini dipugar oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan sehingga menjadi utuh kembali tanpa mengurangi bentuk asli benteng.

Baca Juga: Pantai Sulamadaha Sebening Kaca di Maluku Utara

Pada tahun 2005, Pemerintah Kota Ternate merenovasi benteng ini dengan menambahkan halaman dan rumah untuk penjaga benteng Kalamata. Benteng Kalamata belum dioptimalkan untuk menjadi tempat pariwisata andalan sehingga tidak memberikan pemasukan bagi Pemerintah Kota Ternate. namun anda bisa berkunjung untuk liburan di benteng ini saat berada di ternate.

Subscribe to receive free email updates: